Search This Blog

Sunday, January 27, 2008

Subaru Boxer-Turbo-Dieselmotor


Subaru memperkenalkan boxer 4-zylinder turbo engine, yang akan
di perdagangkan di benua eropa. Mesin baru ini mempunyai 5 buah transmisi dan dapat mengalirkan tenaga mesinnya ke seluruh roda-rodanya. Model mesin ini akan terus dikembangkan oleh subaru.

Salah satu Spesifikasi subaru-boxer ini adalah getaran yang dihasilkan mesin sangat halus. Untuk mencapai kondisi optimal pembakaran mesin Diesel dengan perbandingan ruang mesin bensin maka pada ruang mesin boxer memiliki piston stroke travel 11 milimeter lebih tinggi dan silinder lebih pendek 6 milimeter. Dengan struktur seperti ini tenaga mesin menjadi lebih bertenaga tanpa merubah besar diameter silinder. Perubahan lainnya adalah diperpendeknya jarak silinder sebesar 98,4 milimeter. Jarak silinder ini digunakan pada mesin bensin (subaru) yang mempunyai 6 silinder. Jarak antar silinder pada mesin bensin (subaru) 4 silinder berjarak 113,0 milimeter. Perpendekan jarak antara silinder ini memperpendek keseluruhan Block-mesin sebesar 61,3 milimeter dan membuat struktur mesin lebih solid. Dengan berkurangnya panjang blok mesin maka mesin boxer-diesel ini menjadi 10 kilogram lebih ringan. Untuk percampuran bahan bakar pada ruang bakar mesin ini menggunakan teknologi Common-rail-system, yang mempunyai tekanan sebesar 1800 bar.

Data teknik pada mesin boxer diesel sebelumnya mempunyai 1.998cc dengan daya 110 kw dan mempunyai torque sebesar 350 Nm pada putaran mesin 1800 putaran/menit. Rata rata konsumsi bahan bakar sebanyak 5,6 liter dengan jarak tempuh 100 kilometer dengan kecepatan maksimum 208 km/jam.

Struktur mesin boxer menghasilkan getaran yang sangat halus karena struktur silinder berhadapan antara satu dan yang lainnya ,yang mengakibatkan piston bergerak kekanan dan kekiri sehingga dapat mengurangi getaran mesin secara optimal. Pergerakan piston seperti ini tidak di temui pada mesin dengan susunan silinder konventional maupun V-engine. Selain itu konstruksi sasis dan karoserie mengalami perubahan guna mengurangi getaran yang dihasilkan mesin boxer ini, sehingga getaran mesin dapat diserap oleh casis dan karoserie mobil yang dapat mengurangi suara kendaraan. Sumber : http://bengkelmasboy.com/subaru-boxer-dieselmotor/



0 comments: